Pages

Labels

Happy Valentine

  • Cuteki cute

Categories

About Me

Foto Saya
anisoerya
Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
Hai, apakabar aku baru aja bergabung di blog nih. Ya baru belajar sih, abis di sekolah ada pelajaran blog sih. Ya belum ahli juga sih, namanya juga baru belajar.
Lihat profil lengkapku

Selasa, 06 November 2012

KESALAHAN PEMBUKUAN


KESALAHAN PEMBUKUAN
Kesalahan pembukuan bias terjadi pada setiap tahapan dalam proses akuntansi . Kesalan –kesalahan yang terjadi dalam pencatatan di buku besar dapat di temukan melalui beberapa cara , antara lain melalui prosedur pemeriksaan pembukuan  , ditemukan secara kebetulan, atau dapat juga diketahui melalui neraca saldo. Langkah-langkah untuk menelusuri kembali adalah sebagai berikut:
1.       Periksa kebenaran penjumlahan kolom-kolom debet dan kredit neraca saldo dengan cara mengandakan penjumlahan ulang
2.       Bandingkan nama-nama rekening yang tertulis pada kolom nam rekening di neraca saldo, dengan rekening-rekening yang ada di buku besar, untuk memeriksa apakah tidak ada rekeninh yang terlewat dicantumkan dineraca sldo.
3.       Periksalah kebenaran penjumlahan sisi debet dan sisi kredit rekening-rekening di buku besar  dan periksa pula perhitungan saldonya.
4.       Bandingkan semua angka yang adadi buku besar dengan angka-angka yang tercantum dalam jurnal.
5.       Periksalah kesamaan jumlah debet dan kredit dalam jurnal.

0 komentar:

Posting Komentar